Parasit Pemakan lidah


 Cymothoa exigua (Kutu pemakan lidah) menempelkan dirinya pada lidah ikan. Parasit ini mulai menghisap darah melalui cakar pada kaki2 depannya. Sejalan dengan pertumbuhannya, makin sedikit darah yg dapat mencapai lidah dan mengalami atropi. Itulah saat dimana kutu ini menggantikan lidah dengan menempelkan tubuhnya pada otot2.Ikan akan menggunakannya seperti layaknya lidah yg normal.Cymothoa exigua

Cymothoa exigua, atau kutu pemakan lidah, adalah parasit Crustacea dari keluarga Cymothoidae . Parasit ini memasuki ikan melalui insang , dan kemudian menempel di dasar lidah ikan. Kutu betina menempel pada lidah dan kutu jantan menempel pada insang lengkungan bawah dan di belakang betina. Betina 8-29 milimeter (0,3-1,1) panjang dan 4-14 mm (0,16-0,55 dalam) lebarnya maksimal. Jantan sekitar 7,5-15 mm (0,3-0,6) panjang dan 3-7 mm (0,12-0,28 dalam) lebar.Hal menghisap darah melalui cakar di bagian depannya, menyebabkan lidah untuk atrofi karena kekurangan darah. Parasit ini kemudian mengganti lidah ikan dengan melampirkan tubuh sendiri untuk otot-otot lidah rintisan. 

Ikan itu dapat menggunakan parasit seperti lidah yang normal. Tampaknya parasit tidak menyebabkan kerusakan lainnya terhadap ikan inangnya.Setelah C. exigua menggantikan lidah, beberapa pakan pada darah inang dan banyak pakan lainnya pada lendir ikan. Ini adalah salah satu kasus yg dikenal dari parasit fungsional menggantikan organ inang. Ada banyak spesies Cymothoa, tetapi hanya C. exigua mengkonsumsi dan menggantikan lidah inangnya.

Distribusi

Distribusi Cymothoa exigua cukup luas. Hal ini dapat ditemukan dari Teluk California selatan ke utara Teluk Guayaquil, Ekuador. Dua catatan inang juga baru ditemukan di Kosta Rika. Telah diambil sampel di perairan dg kedalaman 2 meter (6 kaki 7) untuk hampir 60 m (200 ft) dalam. Isopod ini diketahui parasitize
delapan spesies dalam dua perintah dan empat keluarga ikan [7 spesies Perciformes , 3 kakap ( Lutjanidae ), 1 mendengus ( Haemulidae ), 3 drum ( Sciaenidae ), dan 1 grunion ( Atherinidae )]. Betina dari Isopod ini ditemukan di mulut tiga spesies kakap. Inang baru dari Costa Rica termasuk kakap Colorado, colorado
kakap dan kakap Yordania, L. Jordani .

Pada tahun 2005, ikan yg mengandung parasit Cymothoa exigua ditemukan di Inggris . Sebagai parasit biasanya ditemukan di lepas pantai California , ini menimbulkan spekulasi bahwa berbagai parasit dapat berkembang; Namun, juga mungkin bahwa Isopod berpindah tempat dari Teluk California di mulut ikan kakap, dan yang temuan di Inggris adalah sebuah kasus pengecualian.

Siklus Hidup

Tidak banyak yang diketahui tentang siklus hidup C. exigua. Ini menunjukkan reproduksi seksual. Kemungkinan bahwa remaja pertama menempel pada insang ikan dan menjadi jantan. Ketika mereka dewasa, mereka menjadi betina, dengan proses perkimpoian mungkin terjadi pada insang. Jika tidak ada parasit betina, di dalam pasangan dua pejantan, satu pejantan bisa berubah menjadi betina setelah tumbuh 10mm panjang.Si betina kemudian membuat jalan ke mulut ikan dimana ia menggunakan cakar depannya untuk menempel di lidah ikan.

Pengaruh Terhadap Manusia

Saat ini diyakini bahwa C. exigua tidak berbahaya bagi manusia , dalam hal ini mereka bisa menggigit.Di Puerto Rico, C. exigua adalah subyek utama gugatan terhadap jaringan supermarket besar. Karena C. exigua ditemukan dalam kakap dari Pasifik Timur dan dikirim di seluruh dunia untuk konsumsi komersial, kontaminasi parasit tidak bisa dihindari. Pelanggan dalam gugatan diklaim telah diracuni dengan makan sebuah Isopod dimasak di dalam sebuah kakap. Kasus ini, bagaimanapun, dijatuhkan menyatakan bahwa isopoda tidak beracun bagi manusia dan beberapa bahkan dikonsumsi sebagai bagian dari diet biasa.

ni gan penampakan tambahannya :









SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Bebas tapi tetep jaga kesopanan berkomentar ya gan n sis juga ^_^